Senin, 10 Desember 2012

Menciptakan Ruang Keluarga Yang Nyaman

Pada dasarnya ruang keluarga merupakan sarana berkumpulnya seluruh anggota keluarga, baik sekedar untuk menonton televisi bersama, bercengkrama maupun berdiskusi antara satu anggota keluarga dengan anggota keluarga yang lainnya. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan oleh setiap keluarga.
Dengan rutinitas tersebut, kenyamanan ruang keluarga sangatlah diperlukan agar suasana hangat dan menyenangkan dapat dirasakan. Berikut ini tips-tips bagaimana menjadikan ruang keluarga yang nyaman:

1. Menentukan Tema.
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum membangun, mendekorasi atau mendesain ulang ruang keluarga adalah menentukan tema baik desain interior maupun suasana ruangan yang ingin tercipta dari ruangan itu sendiri. Selain tema, juga harus ditentukan fungsi utama yang ingin kita dapat dari ruang keluarga, apakah untuk ruang bermain anak saja, menonton tv, atau apapun sesuai kebutuhan dan ketersediaan/luas lahan ataupun ruangan.
Dengan menentukan tema dan fungsi terlebih dahulu, akan mempermudah kita selanjutnya dalam memilih perabot atau aksesoris (interior) dan bagaimana menata ruangan sesuai dengan tema dan fungsi.

2. Memberi Kesan Luas pada ruangan.
Ketika luas lahan atau ruangan cukup besar, hal ini tentu tidak ada masalah dalam penataannya, namun, apabila ruang keluarga yang kita miliki terbatas, maka permasalahannya adalah bagaimana tercipta sebuah ruang keluarga yang sempit namun dengan penataan yang baik, ruang keluarga sempit tersebut akan terasa luas dan tidak sesak.
Beberapa cara bisa dilakukan dalam penataan ruang keluarga yang sempit namun berkesan luas bagi siapapun yang ada di dalamnya, diantaranya dengan pemilihan jenis furniture yang simpel namun serasi dengan ruangan, penerapan sistem open-plan atau denah terbuka dimana desainnya meminimalisir penggunaan dinding-dinding pemisah yang masif, pemilihan warna interior yang tepat dengan menggunakan warna-warna terang, penggunaan cermin, dan teknik pencahayaan pada ruangan yang baik.

3. Pemilihan dan penataan furniture.
Dengan pemilihan dan penataan furniture yang tepat tentu akan memberikan efek yang baik pada ruang keluarga. Untuk memberikan perasaan nyaman dan menyenangkan dalam ruang keluarga, bagi ruang keluarga yang tidak terlalu luas, pilihlah jenis furniture yang mempunyai fungsi ganda, secara ergonomik furniture tersebut nyaman digunakan, tidak terlalu banyak ornamen dan tentunya tidak terlalu memakan banyak tempat. Saat ini banyak sekali jenis desain furniture built-in furnishing yang dijual dipasaran atau home furnishings store. Pada posisi atau area tertentu, furnitur tersebut tidak hanya sebagai pelegkap interior saja, tetapi dapat dijadikan sebagai pembatas ruang, partisi atau fungsi lainnya. Dengan penggunaan furniture built-in yang multifungsi, ruang keluarga terasa lebih nyaman, tidak sesak dan para penghuninya lebih bebas bergerak.
Hal penting lainnya dalam pemilihan dan penataan furniture adalah tidak memaksakan kehendak untuk membeli dan meletakkan furnitur yang tidak sesuai, baik ukuran, bentuk maupun finishingnya dengan luas ruangan. Misalnya dengan meletakkan furnitur bergaya klasik dengan dimensi yang besar dan banyak ornament pada bagiannya pada ruang keluarga yang tidak begitu besar, hal tersebut akan membuat ruang keluarga Anda terasa semakin sempit dan sesak.

4. Pemilihan dan penataan Aksesoris
Dekorasi mencakup keindahan dari elemen ruangan dan juga berupa penambahan aksesoris pada ruangan. Tujuan mendekorasi ruangan adalah untuk mendapatkan suasana ruangan yang nyaman, hangat, dan memberikan keakraban bagi anggota keluarga.
Aksesoris ruangan merupakan pelengkap yang juga dapat menunjang keindahan dan suasana yang nyaman diruang keluarga Anda. Tanpa aksesoris, ruangan akan tampak kosong dan kurang indah. Namun untuk memilih dan menempatkan aksesoris didalam ruang keluarga perlu disesuaikan dengan tema awal juga fungsi ruang keluarga yang telah ditentukan di awal, selain itu tentunya dengan memperhatikan luas ruangan yang dimiliki. Dengan pemilihan dan penataan aksesoris yang baik, unsur estetik (keindahan) ruangan akan tercipta.
Sebagai tambahan, untuk pemanis pada ruangan , bisa dipilih bunga yang segar. selain sebagai pemanis, bunga juga bisa memberikan efek kesegaran dan juga efek ketenangan oleh akibat estetika yang ada di dalam sebuah ruangan.

5. Pencahayaan dan penghawaan.
Berbagai macam suasana dapat diciptakan dengan pengaturan tata cahaya dan pemilihan warna ruangan yang tepat. Pemilihan Warna ruangan dan sistem pencahayaan juga harus disesuaikan dengan tema dan fungsi awal ruangan yang telah ditentukan sebelumnya. Apapun tema dan fungsi yang diinginkan bisa diciptakan. Sudah banyak referensi tentang bagaimana memilih warna ruangan dan pencahayaan sesuai dengan tema ruangan, baik melalui buku ataupun media internet.

6. Sirkulasi Udara (Penghawaan).
Sebagai tempat melakukan berbagai macam aktivitas yang melibatkan seluruh anggota keluarga, sirkulasi udara didalam ruangan sangatlah penting agar ruangan tidak pengap dan kesehatan anggota keluarga dapat terjaga.
diposkan oleh: Admin
artikel Menciptakan Ruang Keluarga Yang Nyaman dibuat pada jam: 15.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Menciptakan Ruang Keluarga Yang Nyaman