Jumat, 16 November 2012

Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

gbr sampah
Berbicara masalah kesehatan rumah, tentu tidak bisa lepas dari permasalahan pengelolaan sampah. Dengan pengelolaan sampah yang baik dapat meminimalisir berkembangnya sumber penyakit dalam rumah.

Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan:

1. Melaksanakan prinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycle)
prinsip 3-R adalah konsep penanganan sampah dengan cara reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur-ulang sampah),

- “R” yang pertama “Reduce (mengurangi)
adalah memanfaatkan barang-barang yang ramah lingkungan,misalnya menggunakan tas atau kantong yang dibawa dari rumah ketika berbelanja. Ini dapat mengurangi bertambahnya sampah plastik/kantung kresek di rumah.

- “R” yang kedua ”Reuse” (menggunakan kembali)
yaitu memanfaatkan sesuatu barang selama barang itu layak digunakan, misalnya memilih menggunakan saputangan atau handuk kecil yang bisa dicuci kembali daripada menggunakan tisu yang sekali pakai langsung buang.

- “R” yang ketiga Recycle (mendaur-ulang sampah)
Yaitu mengolah kembali sampah sehingga menjadi barang lain yang bermanfaat, misalnya mengolah sampah organik menjadi kompos atau membuat kerjinan dari sampah anorganik seperti plastik, kaleng dan sebagainya.

Prinsip 3-R tersebut dapat dikembangkan menjadi 4-R (dengan tambahan “R” keempat “Replace” (mengganti) mulai dari sumbernya, atau 5-R dengan “R” kelima “Replant” (menanam kembali)

2. Pemilahan atau Pemisahan sampah berdasarkan jenis sampah

Berdasakan jenisnya sampah terbagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diurai oleh hewan mikro organisme, contohnya adalah sampah sisa makanan, sayur mayur serta sampah yang mudah membusuk lainnya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diurai oleh bakteri atau hewan mikro organisme, contohnya: plastik, botol kaca, kaleng dan semacamnya.

Idealnya, setiap rumah tangga memiliki tiga keranjang sampah untuk tiga jenis sampah yang berbeda. Satu untuk sampah kering (an-organik), satu untuk bekas makanan, dan satu lagi untuk sisa-sisa tanaman/rumput.
diposkan oleh: Admin
artikel Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dibuat pada jam: 22.34

1 komentar: