Minggu, 18 November 2012

Hewan Peliharaan

gbr kelinci
Bagi sebagian keluarga, tidak lengkap rasanya apabila di rumah mereka tidak ada hewan peliharaan. Memang memiliki hewan peliharaan di rumah bisa berisiko menimbulkan alergi atau penyakit lainnya. Namun, justru menurut para ahli, selain sebagai pemuas hobi memelihara binatang di rumah bisa memberi efek positif yaitu membantu penyembuhana penyakit.

Menurut seorang psikolog yang mempelajari hubungan antara manusia dan hewan peliharaan, Dr Samantha Wright, mengatakan bahwa ada banyak spesies yang dapat membantu mengembangkan pengobatan baru untuk segala macam penyakit.

Beberapa hewan tersebut diantaranya:

1. Anjing
Selain bisa dijadikan sebagai teman, Anjing ternyata bisa mendeteksi adanya kanker tahap dini melalui indra penciumannya.

Dari hasil sebuah studi di Jepang, Anjing mampu mengidentifikasi adanya kanker usus yang berasal dari pasien. Para ilmuwan percaya bahwa indra penciuman anjing bisa mendeteksi bau tumor. Menurut Dr Hideto Sonoda, bahwa sekarang dibutuhkan penelitian untuk mengembangkan sebuah “hidung anjing elektronik” sebagai pendeteksi kanker. “Senyawa kimia dari bau tidak jelas. Hanya anjing yang tahu jawabannya.”

2. Kucing
Disamping Anjing, Kucing merupakan hewan terfavorit dan paling banyak dipelihara. Dibalik kelucuannya ternyata Kucing bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke bagi pemiliknya. Menurut sebuah studi di University of Minnesota di AS, bahwa orang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan 40 persen lebih kecil untuk menderita serangan jantung fatal. Selain itu seorang Peneliti, Dr Adnan Qureshi mengatakan, membelai kucing moggies ternyata bisa menurunkan stres dan kecemasan pemiliknya, membuat mereka mampu menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular. “Ini membuka jalan baru untuk perawatan, dan tidak seperti obat-obatan atau operasi, kepemilikan kucing tampaknya tidak memiliki risiko.”

3. Kelinci
Kelinci adalah salahsatu hewan yang paling banyak digunakan sebagai hewan percobaan. Ketika dua ilmuwan Inggris menemukan virus yang memicu penyakit pada kelinci selama tahun 1960-an, penelitian untuk mendeteksi kanker serviks menggunakan kelinci mulai dikembangkan. Hasilnya adalah sebuah vaksin yang dapat mencegah kanker serviks dan mulai tersedia pada 2006.

4. Ikan
Memelihara Ikan baik dalam Aquarium ataupun kolam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sejumlah penelitian menemukan, menonton ikan berenang dalam akuarium juga bisa memunculkan rasa tenang dan mengurangi rasa cemas. Disamping itu manfaat ikan sebagai lauk adalah untuk mengurangi peradangan di otak dan berperan dalam regenerasi sel saraf. Ikan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain hewan-hewan diatas, terdapat beberapa hewan lain yang juga bermanfaat bagi pemiliknya.

Memiliki hewan peliharaan juga memiliki resiko yang bisa merugikan kesehatan. Oleh karena itu, untuk menghindari resiko-resiko yang disebabkan oleh hewan peliharaan tersebut, diperlukan perhatian terhadap kebersihan yang extra dan rutin serta vaksinasi ke dokter hewan.
diposkan oleh: Admin
artikel Hewan Peliharaan dibuat pada jam: 00.25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Hewan Peliharaan