Minggu, 16 Desember 2012

Membangun Kamar Mandi yang Nyaman

Ketika membangun atau mendesain kamar mandi, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah jaminan atas privasi pengguna kamar mandi. Namun, adakalanya untuk menjaga privasi itulah terkadang kita lupa memperhatikan aspek kesehatan. Kamar mandi dibuat tertutup sehingga cahaya alami tidak bisa masuk, bahkan sirkulasi udarapun tidak ada. Akibatnya tentu kamar mandi akan lembab dan pengap. Sebenarnya, kamar mandi tidak harus dibuat tertutup, bisa saja kita pasang jendela dengan kaca buram (misalnya jenis sandblast dan kaca es). Dengan cara seperti ini, cahaya bisa tetap masuk dan privasi pun tak terganggu. Sementara untuk sirkulasi udara kita bisa buat ventilasi di atas kaca jendela (misalnya dengan menyediakan lubang kecil selebar 5 cm tepat di bawah plafon).

Permasalahan lain muncul ketika tidak memungkinkannya kita untuk memasang jendela dan ventilasi. Hal itu bisa diatasi dengan penggunaan exhaust fan sebagai penyedot udara pengap di kamar mandi.

Selain masalah privasi, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam membangun atau mendesain kamar mandi, antara lain:

- Kesehatan
Kesehatan kamar mandi sangat penting untuk diperhatikan. Selain sirkulasi cahaya dan udara sebagaimana tersebut di atas, kebersihan kamar mandi juga harus kita jaga. Untuk itu, dalam pemilihan bahan atau material, terutama lantai dan dinding usahakan terbuat dari bahan kedap air. Dengan demikian, kamar mandi akan dapat dengan mudah dibersihkan.

- Kenyamanan
Untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman, dalam pemilihan warna, usahakan menggunakan warna-warna cerah. Apabila kamar mandi menggunakan warna gelap, kotoran yang melekat tidak tampak. Hal inilah yang akan membuat keadaan kamar mandi tidak sehat dan tidak nyaman.

- Keamanan
Untuk menjaga keamanan kamar mandi, lantai maupun bak air harus menggunakan material yang tidak licin. Semua material yang ada didalam kamar mandi, harus berkualitas dan kokoh, termasuk baik pemasangannya. Misalnya : pemasangan wastafel atau rak bahkan cermin harus benar dan kokoh agar aman.
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, kamar mandi yang akan dibangun atau didesain, nantinya dapat memenuhi kebutuhan, serta mendukung penampilan kamar mandi menjadi lebih nyaman untuk digunakan dan bersuasana menarik dengan segala bentuk dan atributnya.
diposkan oleh: Admin
artikel Membangun Kamar Mandi yang Nyaman dibuat pada jam: 00.18

1 komentar:

  1. nice info


    Cari rumah di Jakarta? Langsung aja klik ini gan. Perumahan terbesar dan sudah dihuni oleh 3 generasi, klik www.citragardencity.com

    BalasHapus