Rabu, 21 November 2012

Taman Rumah

gbr taman
Taman merupakan sebuah area yang terdiri dari unsur tanaman beserta elemen tambahan lainya yang keduanya saling mendukung satu sama lainnya. Jenis tanaman bisa berupa tanaman merambat, tanaman pohon, tanaman perdu, tanaman semak, tanaman penutup tanah, rumput ataupun tanaman jenis palem. Sedangkan eleman tambahan bisa berupa batu hias, patung, air mancur, pot gantung, lampu taman, dan sebagainya.

Keberadaan taman sangat penting bagi sebuah rumah. Taman tidak hanya sebagai pelengkap atau pengisi lahan kosong saja, tetapi juga banyak manfaat lain yang diperoleh diantaranya:

Taman memiliki fungsi estetika atau keindahan. Perpaduan tanaman hias serta dekorasi yang unik dan artistik akan menciptakan sebuah pemandangan yang indah. Sehingga bisa memberikan nilai tambah dan membuat rumah lebih terlihat cantik dan menarik.

Tanaman rindang atau rimbun yang ditempatkan di taman mampu menyaring dan menyerap polutan udara serta mengolahnya menjadi oksigen. Zat-zat seperti karbondioksida (CO2), karbon monoksida (CO), sulfur oksida (SO2), ozon (O3), nitrogendioksida (NO2), dan timbal (Pb) yang merupakan zat polutan (pencemar) udara akan dirubah melalui proses metabolisme pada tanaman menjadi oksigen segar. Hal tersebut menjadikan rumah lebih segar, sehat dan nampak asri.

Tanaman (melalui akarnya yang dalam) mampu meresapkan air ke dalam tanah, sehingga meningkatkan jumlah pasokan air dalam tanah (water saving) dan mengurangi aliran limpasan. Dengan tercukupinya pasokan air tanah, kekeringan sumur tidak akan terjadi. Juga dengan berkurangnya aliran limpasan air, dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya banjir. Tersedianya pasokan air tanah yang cukup juga dapat menjaga kesuburan tanah.

Taman berfungsi sebagai arena rekreasi keluarga, mengisi kegiatan penghuni rumah ataupun untuk menyalurkan hobi berkebun. Rasa lelah bahkan stress yang dialami ketika beraktifitas atau bekerja akan segera hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati keindahan tanaman yang ada.

Selain yang disebutkan di atas, dengan menjadikan taman sebagai warung dan apotek hidup, bisa memberikan keuntungan dalam segi ekonomi maupun sosial. Segi ekonomi disini maksudnya sebagai sumber penghasilan tambahan atau setidaknya mengurangi pengeluaran belanja, Hasil panen sayuran, rempah-rempah atau obat-obatan alami bisa kita jual atau untuk dikonsumsi sendiri. Sedangkan fungsi sosial yaitu ketika ada tetangga yang membutuhkan (rempah-rempah/obat-obatan) kita bisa berikan.
diposkan oleh: Admin
artikel Taman Rumah dibuat pada jam: 12.53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Taman Rumah