Minggu, 25 November 2012

Desain Interior Rumah Jangka Panjang

Ketika memutuskan untuk membeli atau membangun sebuah rumah, kita pasti berharap bahwa rumah tersebut bisa ditempati seumur hidup, dari semenjak membeli atau membangun rumah sampai menghabiskan sisa waktu hidup kita. Perencanaan tepat dan berjangka panjang sangat diperlukan ketika merenovasi ataupun sekedar mendesain ulang bagian interior rumah agar rumah tersebut sesuai dengan harapan kita.

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mendesain interior rumah:

- Rumah harus bersifat Universal (umum), maksudnya adalah bahwa rumah kita bisa ditempati dengan aman dan nyaman oleh siapapun, baik itu anak-anak sampai orang lanjut usia (jompo) dan juga orang yang sehat ataupun sakit/cacat. Pilihlah perabot atau aksesoris rumah yang aman dan bersahabat bagi anak-anak, pastikan kamar dan bak mandi aman digunakan oleh orang lanjut usia, dan buatlah sedemikian rupa agar setiap bagian rumah bisa diakses oleh orang yang menggunakan kursi roda sekalipun.

Memang boleh jadi ketika membeli atau membangun rumah, kita masih hidup sendiri/belum berkeluarga dan mempunyai anak, usia kita masih muda dan badan kita masih sehat. Tetapi, tentunya seiring berjalannya waktu, pertimbangkanlah keberadaan anak-anak kita nanti, kondisi tubuh kita yang melemah karena usia lanjut atau sakit, atau kemungkinan adanya anggota keluarga atau siapapun penghuni rumah yang mengalami kecelakaan hingga cacad.

- Pertimbangkan ukuran rumah kita. Mungkin saat ini kita hidup sendirian atau hanya dengan anggota keluarga yang ada sekarang. Tetapi untuk beberapa tahun kedepan, ketika kita mempunyai anak, memiliki pembantu rumah tangga, atau ada saudara yang ikut tinggal di rumah kita, tentunya bertambah juga kebutuhan kamar tidur, kamar mandi dan ruang keluarga serta ruang makan yang luas. Aturlah sedemikian rupa agar setiap ruangan seperti ruang makan, ruang santai atau ruang keluarga tidak terlalu kecil untuk sebuah keluarga besar, tetapi tidak terlau besar untuk sebuah keluarga kecil. Perhatikan agar jumlah kamar tidur dan kamar mandi bisa mengakomodir seluruh penghuni rumah.

- Dalam mendesain interior rumah kita, pastikan bahwa hal itu sesuai dengan tujuan dari desain interior rumah itu sendiri, yaitu agar rumah aman, nyaman dan bisa ditempati selama mungkin, bukan karena mengikuti zaman atau hanya mengikuti tren yang berlaku.

- Perhatikan juga bahwa penghuni rumah itu bukan hanya kita, tetapi anak anak atau mungkin hewan peliharaan yang kita miliki. Pilihlah perabot dan aksesoris rumah dari bahan yang berkualitas yang tahan lama dan mudah perawatannya. Keberadaan anak kecil atau hewan peliharaan bisa membuat rumah kotor dan berantakkan kapan saja.

- Yang terakhir desainlah rumah yang sesuai dengan selera kita. Tidak sedikit orang yang menjual rumahnya hanya karena merasa tidak cocok dengan interior rumah yang dimilikinya. Untuk itu, pilihlah warna ruangan dan perabot rumah atau aksesoris yang sesuai dengan selera kita, dengan begitu kita akan lebih mencintai rumah yang kita miliki.
diposkan oleh: Admin
artikel Desain Interior Rumah Jangka Panjang dibuat pada jam: 02.29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Desain Interior Rumah Jangka Panjang