Kamis, 15 November 2012

Bahan Pembersih Alami

Kebersihan rumah merupakan hal penting yang harus selalu dijaga agar setiap penghuni rumah tetap merasa nyaman tinggal di dalam rumah. Bagaimana jadinya seandainya kita tinggal di rumah yang kotor? Tentunya bau tidak enak akan kita hirup setiap kita masuk ke dalam rumah, dan yang lebih bahayanya lagi adalah dengan banyakya sampah berserakan tentunya akan banyak sumber penyakit yang setiap saat bisa menyerang setiap penghuni rumah.

Sekarang ini sudah banyak tersedia produk-produk pembersih seperti pembersih lantai, pembersih toilet, pewangi ruangan dan lainnya yang dengan mudah bisa kita dapatkan. Namun, alangkah bijaksananya apabila kita juga memperhatikan efek yang bisa timbul dari penggunaan pembersih tersebut. Kita pasti tidak mau melihat anggota keluarga kita batuk-batuk dan sesak napas karena alergi terhadap bahan kimia dari pembersih atau pewangi ruangan yang kita gunakan

Adalah pilihan bagi kita untuk memilih pembersih yang kita gunakan, apakah pembersih yang berisi bahan kimia yang membahayakan atau pembersih alami yang tentunya aman kita gunakan?

Bersih itu memang suatu keharusan, tapi ada hal lain yang juga harus kita perhatikan yaitu meminimalisir efek yang ditimbulkan dari penggunaan pembersih atau pewangi ruangan.

Berikut adalah beberapa contoh pembersih alami yang aman bagi kesehatan:

1. Cuka.
bisa digunakan untuk membersihkan lemari es, meja dan peralatan lainnya, sebagai pelembut kain untuk pakaian, atau juga untuk penghilang bau. Cuka juga efektif untuk membunuh berbagai jenis jamur dan sejumlah bakteri, termasuk E. coli. Kegunaan lain cuka adalah dapat digunakan untuk berkebun karena membantu untuk membunuh gulma.

2. Jus lemon
digunakan untuk membersihkan peralatan rumah dan kamar mandi. Cara penggunaannya dengan mengoleskan jus lemon murni lalu membasuhnya dengan kain basah hangat. Jus lemon terbukti dapat mengangkat kotoran alami yang bersifat antimikroba.

3. Baking soda.
dengan harga murah, baking soda sangat berguna untuk membersihkan peralatan rumah tangga juga lantai/ubin kamar mandi. Cara penggunaannya dengan menggosoknya ke bagian yang kotor.
Baking soda juga dapat digunakan sebagai penawar bau ketika ditempatkan di dalam lemari es, rak sepatu, sampah dll.

4. Saus tartar
Dengan mencampurkannya dengan air dan cuka putih, saus tartar dapat digunakan untuk membersihkan noda.

5. Borax
Bahan ini dapat menyerap dan menghilangkan bau tak sedap, juga dapat digunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga yang berminyak.

6. Minyak esensial murni.
dapat digunakan untuk membantu membasmi kuman dengan aroma alami yang menyegarkan.

Itulah tadi beberapa bahan pembersih alami yang tidak hanya membersihkan, tapi juga aman digunakan dan ramah lingkungan.

diposkan oleh: Admin
artikel Bahan Pembersih Alami dibuat pada jam: 01.12

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar untuk Bahan Pembersih Alami